Untuk memulai bisnis perlu perencanaan yang matang, salah satunya adalah dengan menyusun Bisnis Model Canvas. Perusahaan - perusahaan besar maupun franchise tidak luput dengan perencanaan Bisnis Model Canvas ini.
- Customer Segments
Di point ini, banyak membahas tentang ; Siapa pelanggannya ?, Apa masalah yang terjadi oleh pelanggan tersebut?, Apa kebutuhan pelanggan tersebut?, dan Apa keinginan pelanggan tersebut? Setelah kita analisis, kita dapat menentukan produk apa yang tepat untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan di atas sebagai Nilai atau Value Proposition. Pelanggan yang dituju bisa untuk mass market (pelanggan massal), niche market, segmented market - Value Proposition
Di point ini, banyak membahas tentang ; produk atau nilai apa yang tepat untuk memenuhi kebutuhan, keinginan, serta permasalahan pelanggan. Tentunya nilai dari produk yang ditawarkan ke pelanggan haruslah cocok, apakah produk tersebut cocok untuk mass market? Apakah produk tersebut lebih cocok untuk segmented market / pelanggan tertentu saja? - Channels
Di point ini, membahas tentang bagaimana cara Produk yang memiliki Value Proposition bisa dicapai / disalurkan / diberikan / dinikmati / dinikmati oleh pelanggan. Pemilihan saluran distribusi harus tepat dan cocok dengan apa yang menjadi Value dalam produk dan juga siapa, dimana, bagaimana, dan kapan pelanggan kita akan menikmati produk tersebut. - Customer Relationship
Ini merupakan point dimana kita menjalin ikatan dengan pelanggan. Setelah produk ber-Value kita ter-Channels kan ke Customer Segments, kita menjaga hubungan dengan pelanggan agar tidak berpaling ke bisnis yang lain. Contoh sederhana seperti garansi, jaminan uang kembali, boleh tukar ketika barang tidak sesuai, memberikan penawaran khusus - Revenue Streams
Point ini merupakan bagian yang cukup vital, dimana kita mengelola arus pendapatan dari pelanggan. Point ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. - Key Resources
Point ini membahas tentang sumber daya yang digunakan untuk : - Sumber daya utama yang membuat Value Proposition
- Sumber daya pendukung seperti peralatan dan perlengkapan
- Sumber daya manusia yang menggerakkan Sumber daya utama dan pendukung
- Key Activities
Point ini membahas tentang seluruh aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis, dimana kegiatan utamanya adalah menghasilkan proposisi nilai. Misalnya aktivitas produksi Value Proposition, proses distribusi. - Key Partners
Point ini membahas tentang siapa yang menjadi rekan untuk membantu produktivitas. Misalnya supplier, toko dimana tempat menitipkan barang. - Cost Structure
Point ini membahas tentang total biaya, termasuk biaya tetap, biaya variabel.
Mulailah bisnis anda dengan rencana dalam Bussiness Model Canvas. Anda bisa membuat secara online di Website Canvanizer .
Selamat membuat
0 Komentar