Soal Produk Kreatif dan Kewirausahaan - Kelas XI


1.  Istilah entrepreneur pertama kali diperkenalkan pada awal abad ke-18 oleh ekonom Perancis Richard Cantillon. Enterpreneur  adalah ….
A.     agent who buys means of consumption at certain prices in order to combine them
B.     agent who buys means of competition at certain prices in order to combine them
C.     agent who buys means of opportunity at certain prices in order to combine them
D.    agent who buys means of production at certain prices in order to combine them
E.     agent who buys means of change at certain prices in order to combine them

1.      Karakteristik entrepreneur menurut Bygrave terdiri dari ….
A.    dream, decesiveness, demonstration, dedication, devotion, details, destiny, dollars, distribute
B.     dream, decesiveness, doers, determination, dedication, devotion, details, destiny, dollars
C.     dream, decesiveness, devotion, delegation, determination, dedication, details, destiny
D.    dream, decesiveness, details, desolation, dedication, determination, devotion, dollars
E.     dream, decesiveness, dollars, damage, dedication, determination, destiny, dollars

2.      Seorang wirausaha harus memiliki visi, keinginan terhadap masa depan untuk mewujudkan impian yang termasuk dalam karakteristik ….
A.    vision
B.     dream
C.     destiny
D.    mission
E.     dedication


3.      Setelah merumuskan visi dan keinginan terhadap masa depan, seorang wirausaha harus membuat keputusan dan menindak lanjuti untuk tidak menunda – nunda dalam menggapai impiannya yang termasuk dalam karakteristik ….
A.    dream
B.     destiny
C.     devotion
D.    decesiveness
E.     determination

4.      Ciri lain seorang wirausaha yang percaya diri adalah ….
A.    berprestasi baru dan bekerja keras secara enerjik
B.     menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang ia pimpin
C.     menyenangi tantangan dan melakukan dengan penuh perhitungan yang matang
D.    memiliki pribadi yang mantap, tidak mudah terpengaruh atau terbawa pendapat orang lain
E.     memiliki pendapat sendiri, ide orisinil, dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan sesuatu

5.      Ciri lain berorientasi pada hasil adalah ….
A.    berprestasi baru dan bekerja keras secara enerjik
B.     menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang ia pimpin
C.     menyenangi tantangan dan melakukan dengan penuh perhitungan yang matang
D.    memiliki pribadi yang mantap, tidak mudah terpengaruh atau terbawa pendapat orang lain
E.     memiliki pendapat sendiri, ide orisinil, dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan sesuatu

6.      Ciri lain seorang wirausaha yang memiliki keaslian atau keorisinilan adalah ….
A.    berprestasi baru dan bekerja keras secara enerjik
B.     menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang ia pimpin
C.     menyenangi tantangan dan melakukan dengan penuh perhitungan yang matang
D.    memiliki pribadi yang mantap, tidak mudah terpengaruh atau terbawa pendapat orang lain
E.     memiliki pendapat sendiri, ide orisinil, dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan sesuatu

7.      Proses membuat sesuatu dari yang tidak adak menjadi ada merupakan proses kreativitas dalam ….
A.    melahirkan (to born)
B.     membangun (to build)
C.     menciptakan (to create)
D.    memodifikasi (to modify)
E.     mengkombinasikan (to combine)

8.      Proses mencari cara – cara membentuk fungsi – fungsi baru merupakan proses kreativitas dalam ….
A.    melahirkan (to born)
B.     membangun (to build)
C.     menciptakan (to create)
D.    memodifikasi (to modify)
E.     mengkombinasikan (to combine)

9.      Proses menggabungkan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan merupakan proses kreativitas dalam ….
A.    melahirkan (to born)
B.     membangun (to build)
C.     menciptakan (to create)
D.    memodifikasi (to modify)
E.     mengkombinasikan (to combine)




10.  Sikap dan perilaku wirausaha yang taat pada aturan , focus, membangkitkan perhatian, menunjukkan pentingnya pelajaran, memberitahukan tujuan pelajaran dan memperagakan merupakan ciri karakteristik wirausaha dengan ….
A.    kreatif dan inovatif
B.     komitmen tinggi
C.     realistis
D.    disiplin
E.     jujur

11.  Pelaku wirausaha harus focus dalam pikiran yang diarahkan pada tugas dan usahanya dengan selalu berupaya memperoleh hasil yang maksimal, artinya seorang pelaku wirausaha memiliki karakter ….
A.    kreatif dan inovatif
B.     komitmen tinggi
C.     mandiri
D.    realistis
E.     jujur

12.  Kemampuan pelaku wirausaha harus dapat melahirkan sesuatu yang baru, menghasilkan banyak gagasan, menyesuaikan dengan berbagai situasi, gagasan asli, dan menguraikan sesuatu secara terperinci, artinya pelaku wirausaha memiliki karakter ….
A.    jujur
B.     realistis
C.     mandiri
D.    komitment tinggi
E.     kreatif dan inovatif

13.  Stephen R Covey, dalam bukunya First Thing’s First mengungkapkan sisi potensial yang dimiliki manusia untuk selalu ingin maju. Sikap mawas diri terhadap kelebihan dan kelemahan diri kita merupakan sisi … dalam diri manusia untuk maju.
A.    counscience
B.     self relfection
C.     self awareness
D.    independent will
E.     creative imagination

14.  Kebebasan berekspresi untuk bekal bertindak merupakan sisi … dalam diri manusia untuk selalu maju dan berprestasi.
A.    creative imagination
B.     independent will
C.     self awareness
D.    self relfection
E.     counscience




15.  Analisis peluang usaha adalah ….
A.    suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikenal dengan baik
B.     suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat memenangkan persaingan
C.     suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikenal konsumen sampai pelosok negeri
D.    suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat berubah – ubah produknya mengikuti tren maupun zaman
E.     suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan, dan memberikan keuntungan

16.  Empat rumusan mencapai sukses menurut Paul Charlap agar wirausahawan dapat melakukan analisis peluang usaha dengan baik terdiri dari ….
A.    discipline, enthusiasm, work hard, work smart
B.     work hard, work soft, enthusiasm, discipline
C.     work hard, enthusiasm, word smart, service
D.    enthusiasm, work hard, work smart, service
E.     discipline, enthusiasm, work smart, service

17.  Analisis peluang usaha dilakukan yang bertujuan untuk ….
A.    mengetahui apakah usaha tersebut dapat berubah – ubah sesuai dengan tren maupun zaman
B.     mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikenal dan digemari oleh konsumen
C.     mengetahui apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan
D.    mengetahui apakah usaha tersebut dapat memenangkan persaingan
E.     mengetahui apakah konsumen senang dengan harga yang murah

18.  Produk adalah hasil dari olahan bahan mentah menjadi barang jadi untuk dikonsumsi oleh konsumen. Pertimbangan produk yang dibuat dalam analisis peluang usaha harus mempertimbangkan ….
A.    mudah pemakaian, efisien penggunaan, keawetan produk
B.     efisien penggunaan, kualitas terjamin, sesuai dengan kebutuhan
C.     hemat dalam pemakaian, adanya jaminan keamanan pemakaian, kualitas terjamin
D.    adanya jaminan keamanan pemakaian, hemat dalam pemakaian, sesuai dengan kebutuhan
E.     sesuai dengan kebutuhan, keawetan produk, hemat dalam pemakaian

19.  Peluang usaha jus buah saat ini kurang menghasilkan keuntungan yang banyak, dikarenakan kondisi cuaca / musim hujan. Sebagai pelaku wirausaha, kondisi saat ini termasuk … dalam analisis SWOT.
A.    threat
B.     strength
C.     weather
D.    weakness
E.     opportunity
20.  Agar usaha tetap berjalan dan menpadatkan keuntungan, maka usaha jus buah diganti dengan usaha bubur kajang ijo dan bajigur, artinya seorang wirausaha harus pandai melihat … dalam analisis SWOT
A.    threat
B.     wither
C.     strength
D.    weakness
E.     opportunity

21.  Namun, untuk mendapatkan bahan baku kacang hijau yang baik terkadang sulit karena pertimbangan cuaca yang kurang baik, sehingga harga bahan kacang hijau menjadi naik karena langka. Sebagai pelaku wirausaha harus dapat menganalisis … dalam analisis SWOT agar keberlangsungan usaha tetap berjalan.
A.    opportunity
B.     weakness
C.     strength
D.    weather
E.     threat

22.  Peluang usaha seyogiyanya adalah ….
A.    menunggu waktu yang tepat
B.     meminimalisir weakness
C.     tidak memiliki risiko
D.    menghindari threat
E.     diciptakan

23.  Langkah –langkah penyusunan analisis peluang usaha yang benar terdiri dari ….
A.    amati kebutuhan > kapan membutuhkan barang tersebut > lihat karakteristik konsumen > bagaimana daya beli konsumen > lihat pesaingya
B.     amati kebutuhan > lihat karakteristik konsumen > kapan membutuhkan barang tersebut > bagaimana daya beli konsumen > lihat pesaingnya
C.     lihat pesaingnya > amati kebutuhan > kapan membutuhkan barang tersebut > lihat karakteristik konsumen > bagaimana daya beli konsumen
D.    lihat karakteristik konsumen > amati kebutuhan > kapan membutuhkan barang tersebut > bagaimana daya beli konsumen
E.     kapan membutuhkan barang tersebut > amati kebutuhan > lihat karkakteristik konsumen

24.  Hak Cipta adalah ….
A.    hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak cipta untuk menciptakan produk
B.     hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak cipta untuk menggandakan bagi khalayak
C.     hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak cipta untuk mendemonstrasikan ciptaannya di depan khalayak
D.    hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak cipta untuk mempraktikkan ciptaannya dengan tidak mengurangi pembatasan
E.     hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya menurut undang – undang
25.  Hak ciptaan yang dilindungi Undang – undang Hak Cipta no 19 tahun 2002 adalah karya ciptaan dalam tiga bidang, yaitu hak cipta ilmu pengetahuan, hak cipta seni, dan hak cipta sastra yang mencangkup ….
A.    buku, ceramah, alat peraga, musik, drama, berita, seni batik, fotografi
B.     resensi buku, ceramah, alat peraga, fotocopy, musik, peta, arsitektur
C.     sinematografi, peta, arsitektur, seni batik, buku, ceramah, musik
D.    ceramah, alat peraga, buku, berita, musik, seni batik, fotografi
E.     drama, seni rupa, band, paduan suara, peta, arsitektur

26.  Hak ekslusif yang diberikan negara kepada inventor atas hasil invensinya dan mencegah pelaksanaan invensi oleh pihak lain tanpa seizing pemegang hak paten, walaupun pihak lain memperoleh teknologinya merupakan pengertian ….
A.    hak cipta
B.     hak paten
C.     hak merek
D.    hak desain industri
E.     hak kekayaan intelektual

27.  Hak Merek adalah ….
A.    hak eksklusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang terdaftar dalam Daftar Merk Indonesia untuk jangka waktu tertentu
B.     hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang terdaftar dalam nama perusahaan dalam jangka waktu tertentu
C.     hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang terdaftar dalam daftar umum merk untuk jangka waktu tertentu
D.    hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang perusahaannya berlangsung dalam jangka waktu tertentu
E.     hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik merk yang terdaftar dalam perusahaan merk dagang tersebut

28.  Hak Merk dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ….
A.    merk kolektif, merk perusahaan, merk dagang
B.     merk perusahaan, merk jasa, merk kolektif
C.     merk dagang, merk perusahaan, merk jasa
D.    merk dagang, merk jasa, merk kolaborasi
E.     merk jasa, merk dagang, merk kolektif

29.  Perusahaan yang memiliki hak merk kolektif terdiri dari ….
A.    JNE, Tiki, dan Recheese Factory
B.     KFC, McDonald, dan Pos Indonesia
C.     Coca Cola Amatil, JNE, dan McDonald
D.    KFC, Bakmi Golek, dan Dominos Pizza
E.     Bakmi Golek, KFC, dan Dimsum Bamboo


1.  Jelaskan 4 (empat) faktor keberhasilan usaha dalam berwirausaha !
2.  Tuliskan 6 (enam) faktor penyebab kegagalan dalam berwirausaha!
3.  Peluang usaha seyogianya diciptakan, bukan menunggu tiba waktunya datang. Dalam menciptakan peluang usaha :
a.       Bagaimana seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif dalam menggali dan memanfaatkan peluang usaha ?
b.      Bagaimana produk yang dibuat dapat menarik minat konsumen sehingga kegagalan usaha dapat dihindari ?
4.  Jelaskan singkat dan beri contoh masing masing 3 (tiga) kemasan produk berdasarkan sistem kemas (kontak produk dengan kemasan) !
5.  Jelaskan singkat syarat karya intelektual yang dapat dipatenkan !

Posting Komentar

0 Komentar