Apa sih Keuntungan dan Kekurangan Menjadi Wirausaha ?

Foto: Ujian Sekolah Praktik Produk Kreatif dan Kewirausahaan 2020
Wirausaha adalah seseorang yang menjalankan usaha dengan tujuan utama memperoleh keuntungan sehingga bisa menghidupi dirinya, keluarganya, serta karyawannya. Dengan demikian, wirausaha menciptakan pekerjaan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk orang lain.

Apa saja keuntungan menjadi wirausaha ?

  • Mengendalikan nasib sendiri
Wirausaha adalah pemilik suatu perusahaan meskipun pada awalnya kecil, pemilik menjadi pengambil keputusan sendiri. Nasib ditentukan sendiri dari hasil keputusannya.
  • Kesempatan melakukan perubahan
Perubahan bisa diputuskan sendiri, tidak perlu persetujuan atasan atau perubahan peraturan perusahaan yang ditentukan oleh manajemen. 
  • Memanfaatkan potensi diri sepenuhnya
Dalam perusahaan sering kemampuan diri tidak dapat terwujudkan, sehingga menjadi potensi saja. Sementara bila menjadi wirausaha, seluruh potensi dan kemampuan dapat diwujudkan.
  • Memanfaatkan peluang dan meraih keuntungan sesuai yang diinginkan
Besar keuntungan yang diperoleh dari penjualan, semuanya direncanakan dan dijalankan sendiri.
  • Peranannya diakui oleh masyarakat sekitar
Dulu dan mungkin hingga kini, masih ada pendapat bahwa wirausaha tidak memiliki prospek. Berhubung sempitnya lapangan pekerjaan, banyaknya PHK karena krisis ekonomi maka seseorang yang berwirausaha menjadi sangat dihargai. Kini banyak orang sukses menjadi wirausaha, bahkan menjadi konglomerat.
  • Melakukan hal yang paling disukai
Kerja dikantor sering ditempatkan pada bagian pekerjaan yang tidak disukai, sementara wirausaha dapat memilih jenis usaha yang disuka melalui hobi atau kesenangan.

Lalu apa saja yang menjadi kekurangan wirausaha ?

  • Pendapatan tidak pasti
Pendapatan wirausaha memang tidak pasti bergantung pada bagaimana wirausaha dapat mengaturnya. 
  • Risiko rugi
Risiko ini memang selalu ada, sehingga perencanaan yang baik perlu dilakukan. Tabungan adalah kunci utama. Sewaktu memperoleh keuntungan sebagian perlu di tabung yang akan digunakan sewaktu perusahaan merugi karena suatu hal.
  • Kerja lama tidak mengenal waktu
Semakin banyak kerjanya, untungnya semakin besar. Kerja keras dan lembur juga dialami oleh karyawan. Sekarang ini, banyak sekali karyawan yang setiap hari kerja lembur sampai malam namun statusnya tetap sebagai karyawan.
  • Perlu perjuangan sebelum mapan
Hal ini dialami juga oleh karyawan baru, selalu ada perjuangan dimana - mana.
  • Tanggung jawab penuh
Hal ini justru yang paling disukai oleh wirausaha, karena dirinya adalah pemegang keputusan.
Menjadi wirausaha merupakan kegiatan yang luhur menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, selain diri sendiri dan keluarganya.

sumber: Dasar Dasar Kewirausahaan untuk SMK/MAK/SMA/MA, oleh Yanto Sidik Pratiknyo