Latihan Soal Stok Opname dalam Administrasi Transaksi


Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual. Kegiatan ini memang cukup menyita waktu, karena Anda akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung. Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau ada yang terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dijualnya.

Kegiatan stock opname dilakukan untuk mengetahui secara pasti dan benar tentang persediaan barang yang ada pada catatan pembukuan dan barang yang ada di gudang, apakah jumlahnya sama atau berbeda. Jika ditemukan barang lebih banyak daripada yang tertulis di daftar stok, maka bisa dilakukan pengecekan ulang apakah kemungkinan ada transaksi yang belum dicatat atau kesalahan dalam melakukan pencatatan.
Jika terjadi kekurangan, biasanya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan membuat jurnal penyesuaian atas kekurangan barang atau bisa juga perusahaan membebankan kepada petugas bagian stok barang melakukan penggantian atas kekurangan barang. (Sumber : Jurnal.id)

Maka dari itu, pada artikel ini saya akan bagikan materi tentang Latihan Soal Stok Opname dalam Administrasi Transaksi. Kalian bertugas sebagai kepala gudang Starmart untuk melakukan Stok Opname pada bulan Maret 2020.

Silahkan download soal latihan stok opname bentuk Microsoft Excel.
File                 : PJJ Administrasi Transaksi - Soal Stok Opname.xlsx
Download     : Klik disini

Untuk mengetahui cara mengerjakan latihan stok opname, kamu bisa baca artikel berikut tentang Cara Menghitung Stock Opname beserta rumus Excelnya

Setelah selesai mengerjakan, silahkan kamu upload hasil latihan stok opname kamu dengan klik tombol upload di bawah ini. Selamat Mengerjakan !



Posting Komentar

0 Komentar