Mulai Bisnis Online ? Yuk simak Komponen Pemasaran Online



Komponen pemasaran adalah bagian yang saling bekerja sama sehingga tercipta sustem pemasaran yang utuh. Kehilangan satu komponen saja bisa menyebabkan sebuah sistem tidak bekerja dengan baik atau bahkan tidak dapat bekerja sama sekali. 

Menurut Mohammed dkk (2003:4) terdapat lima komponen yang terjadi dalam pemasaran online yaitu sebagai berikut :
  1. Proses
    Tujuh tahap proses program pemasaran online meliputi :
    a. membentuk peluang pasar (peluang itu seyogiyanya diciptakan ya guys, bukan menunggu gitu ajah)
    b. menyusun strategi pemasaran (bisa disusun dengan instrumen bisnis canvas ya guys)
    c. merancang pengalaman pelanggan (ini yang paling penting, bagaimana menciptakan experience yang membuat pelanggan berkesan)
    d. membangun hubungan antar muka dengan pelanggan (pelanggan itu aset lho guys, jadi kita harus berani membangun hubungan dengan berbagai macam karakter pelanggan
    e. merancang program pemasaran
    f. meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi
    g. mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan
  2. Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan
    Ini merupakan tujuan dari pemasaran. Tiga tahapan hubungan dengan pelanggan adalah awarness, exploration, dan commitment. Program pemasaran dapat dikatakan berhasil jika mampu mengarahkan pelanggan sampai pada tahap komitmen pada perusahaan. Ya intinya pelanggan itu sudah menjadi pelanggan loyal, tak kan berpaling ke lain hati (halah....)
  3. Online
    Ini merupakan media pemasarannya. Ada berbagai macam Jenis - Jenis Pemasaran Online. Pada intinya adalah Dari komponen proses sampai pemenuhan kebutuhan merupakan proses yang terjadi dengan Online
  4. Pertukaran
    Dampak dari pemasaran online adalah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia internet saja, namun juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata. 
  5. Pemenuhan kepuasan kebutuhan kedua belah pihak
    Dengan pemasaran online, pemenuhan kepuasa akan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi, yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan internet marketing bisa mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semkain meluas. Dari segi pelanggan adalah terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat
Sumber: Buku Paket Bisnis Online SMK Kelas XI, HUP

Posting Komentar

0 Komentar